Stimulasi Kreativitas Individu Melalui Keterampilan Pengelolaan Waktu Siswa SMA Negeri 1 Airmadidi

Penulis

  • Sandra Kainde Universitas Klabat
  • Andrew Christian Aseng Universitas Klabat
  • Deisye Supit Universitas Klabat
  • Dela Christin Kereh Universitas Klabat
  • Natasha Daular Universitas Klabat

DOI:

https://doi.org/10.31154/servitium.v1i2.13

Abstrak

Kurangnya pemahaman tentang kreativitas dan bagaimana cara mengembangkan kreativitas itu sendiri, merupakan keterbatasan bagi siswa dalam kaitannya dengan keterampilan pengelaloaan waktu. Ketidakmampuan untuk mempriotritaskan tugas dan aktivitas menyebabkan siswa terlalu banyak menghabiskan waktu untuk kegiatan yang tidak produktif.  Penulis beserta beberapa dosen dan mahasiswa memilih untuk melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Airmadidi oleh karena sekolah ini berada di area wilayah yang sama tempat penulis dan tim mengajar sehingga masyarakat termasuk para siswa dipandang layak dan perlu untuk mendapatkan materi dan stimulasi ini. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab dan aktivitas di kelas selama 45 menit atau satu jam pelajaran kelas regular. Para mahasiswa turut memberikan pendampingan dalam proses kegiatan ini, juga dalam aktivitas dan administrasi. Pada akhir dari kegiatan, siswa memberikan umpan balik dari materi yang telah dipaparkan, menjawab beberapa pertanyaan dan menyelesaikan aktivitas. Secara keseluruhan mereka mengerti, cara mengelola waktu yang baik dan pemanfaatan waktu secara efisien, dapat mendorong siswa memiliki kreativitas. Keterampilan dalam mengelola waktu untuk para siswa sangatlah penting untuk memberikan waktu dan ruang dalam mendorong kreativitas individu. 

Diterbitkan

2023-04-30

Cara Mengutip

Kainde, S., Aseng, A. C., Supit, D., Kereh, D. C., & Daular, N. (2023). Stimulasi Kreativitas Individu Melalui Keterampilan Pengelolaan Waktu Siswa SMA Negeri 1 Airmadidi. Servitium Smart Journal, 1(2), 44–52. https://doi.org/10.31154/servitium.v1i2.13