Peran Edukasi dan Promosi dalam Upaya Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat tentang Kesehatan Pikiran

Penulis

  • I Gede Purnawinadi Fakultas Keperawatan Universitas Klabat
  • Christa Vike Lotulung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Klabat

DOI:

https://doi.org/10.31154/servitium.v2i2.28

Kata Kunci:

Edukasi, Kesehatan Pikiran, Pengetahuan, Promosi

Abstrak

Kesehatan pikiran sangatlah krusial dalam mencapai keadaan kesehatan yang menyeluruh. Masalah kesehatan mental masih belum mendapat prioritas di sebagian besar negara berkembang jika dibandingkan dengan penyakit menular, sehingga peran penting edukasi dan promosi Kesehatan mental menjadi hal yang sangat dibutuhkan dalam pelayanan kesehatan masyarakat. Pemateri menggunakan metode ceramah dan diskusi secara terbuka dalam sesi seminar kesehatan melalui tanya jawab.  Pemateri melakukan pre-test dan post-tes kepada peserta untuk mengetahui dampak dari seminar yang diberikan. Pada tes tersebut, pemateri memberikan beberapa pertanyaan utama terkait dengan pengetahuaan tentang kesehatan pikiran. Tujuan utama dari tes tersebut untuk mengevaluasi perubahan pemahaman terkait dengan topik yang akan dibahas selamat sesi seminar. Pertanyaan diberikan melalui platform Googleform. Berdasarkan hasil evaluasi dalam kegiatan ini, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman atau pengetahuan partisipan tentang cara menjaga kesehatan pikiran setelah diberikan pemaparan materi dan tanya jawab. Hal tersbut membuktikan bahwa pentingnya edukasi dan promosi terkait kesehatan yang perlu dilakukan kepada masyarakat dan komunitas orang muda dalam upaya meningkatkan pengetahuan dengan maksud dapat mengurangi risiko atau dampak negatif dari pikiran yang tidak sehat. Demikian juga perlu direncanakan kegiatan sejenis namun dengan topik-topik menarik lainnya.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-20

Cara Mengutip

Purnawinadi, I. G., & Lotulung, C. V. (2024). Peran Edukasi dan Promosi dalam Upaya Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat tentang Kesehatan Pikiran. Servitium Smart Journal, 2(2), 115–121. https://doi.org/10.31154/servitium.v2i2.28