Pengenalan Dan Pelatihan Pemrograman Bahasa Python Pada Smk Negeri 1 Sorong

Penulis

  • Green Arther Sandag Universitas Klabat
  • Joe Yuan Mambu Universitas Klabat
  • Green Mandias Universitas Klabat
  • Jacquline Waworundeng Universitas Klabat

DOI:

https://doi.org/10.31154/servitium.v2i2.26

Kata Kunci:

pemrograman, python, sintaks, variabel, input

Abstrak

Dunia Pendidikan saat ini tidak lepas dengan pengaruh perkembangan teknologi informasi. Banyak siswa saat ini mendapat informasi terkait dengan perkembangan teknologi dari ponsel pintar, website, dan video game. Pembelajaran pada disekolah pun menggunakan teknologi seperti power point, zoom, dan sebagainya. Belakangan banyak sekolah dan orang tua yang mendorong anak belajar pemrograman. Pemrograman adalah sebuah cara untuk memberikan perintah kepada computer untuk melakukan sesuatu. Terdapat beberapa manfaat dalam belajar pemrograman pada siswa, seperti mengasah kemampuan dalam mengkomunikasikan pikiran secara tersturktur dan logis, mendorong kreativitas, mengatasi masalah sendiri, melatih skill komunikasi, dan mengajarkan ketekunan. Oleh karena itu maka kami memberikan pengenalan pemrograman python pada SMK Negeri 1 Sorong. Metode yang digunakan selama pelatihan pemrograman adalah pengenalan Bahasa pemrograman python, praktek membuat program sederhana, dan evaluasi kemampuan siswa dalam memprogram Bahasa pemrograman python. Saat pelaksaan pelatihan ditemukan bahwa siswa sudah pernah memprogram sebelumnya, namum masih memiliki kendala dalam menulis program. Pelatihan ini membahas tentang sintaks pemrograman, variable, input, proses, dan output pada pemrograman python. Hasil evaluasi pada kegiatan ini siswa telah memahami konsep dasar dari pemrograman python dengan hasil rata-rata 80%

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-31

Cara Mengutip

Sandag, G. A., Mambu, J. Y., Mandias, G., & Waworundeng, J. (2024). Pengenalan Dan Pelatihan Pemrograman Bahasa Python Pada Smk Negeri 1 Sorong. Servitium Smart Journal, 2(2), 99–107. https://doi.org/10.31154/servitium.v2i2.26