Webinar Inovasi dan Adaptasi pada mahasiswa FEB Universitas Klabat dalam rangka meningkatkan minat berwirausaha

Penulis

  • Abraham Lelengboto Universitas Klabat
  • Sharon Kumaratih Dewi Wardoyo Universitas Klabat

DOI:

https://doi.org/10.31154/servitium.v2i2.27

Kata Kunci:

Inovasi , Destruktif yang kreatif , Inovasi disruptif

Abstrak

Pemerintah berkeyakinan bahwa kewirausahaan merupakan salah satu penggerak ekonomi Indonesia agar dapat bersaing secara global. Kemendikbudristek menyikapi hal ini dengan menggalakan program “Wirausaha Merdeka” dengan harapan mahasiswa akan mendapatkan pengalaman dan pemahaman yang nyata mengenai kewirausahaan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Klabat melalui Himpunan Mahasiswa (HIMA) bidang academic advancement mengangkat judul “The importance of innovation and adaptation in businesssebagai upaya meningkatkan minat mahasiswa berwirausaha. Webinar yang mengangkat teori creative destruction dan disruptive innovation ini diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan pemahaman mahasiswa terkait kewirausahaan, inovasi dan adaptasi. Webinar dilaksanakan melalui zoom dengan metode ceramah dan diskusi terbuka melalui sesi tanya jawab diikuti oleh 92 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Klabat. Pemateri melakukan tes sebelum dan sesudah materi atas tema yang dibawakan dan hasil tes menunjukan adanya peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap inovasi, creative destruction dan disruptive innovation. Hasil tes sebelum materi dibawakan menunjukan mahasiswa pernah mendengar tetapi belum ada pemahaman terkait tema yang akan dibawakan, namun setelah materi dibawakan menunjukan hasil bahwa adanya peningkatan pemahaman yang cukup besar terhadap tema yang diangkat. Melalui webinar ini mahasiswa mendapatkan pemahaman atas suatu tema kewirausahaan yang akan berdampak pada persepsi dan sikap untuk menjadi seorang wirausaha.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-31

Cara Mengutip

Lelengboto, A., & Wardoyo, S. K. D. (2024). Webinar Inovasi dan Adaptasi pada mahasiswa FEB Universitas Klabat dalam rangka meningkatkan minat berwirausaha. Servitium Smart Journal, 2(2), 108–114. https://doi.org/10.31154/servitium.v2i2.27