Memperkenalkan Algoritma dan Berpikir Algoritmik kepada Siswa Sekolah Dasar Menggunakan CS Unplugged

Penulis

  • Debby Erce Sondakh Universitas Klabat
  • Stenly Richard Pungus Universitas Klabat
  • Raissa C Maringka Universitas Klabat
  • George M. W Tangka Universitas Klabat

DOI:

https://doi.org/10.31154/servitium.v2i2.29

Kata Kunci:

Algoritma, Berpikir Algoritmik, Unplugged

Abstrak

 Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep algoritma dan berpikir algoritmik kepada siswa sekolah dasar, menggunakan pendekatan Computer Science Unplugged. Dua kegiatan utama, "Sorting Network" dan "Move It, Move It," telah diimplementasikan. Sebanyak 35 siswa dari sekolah dasar di wilayah rural di Sulawesi Utara, dimana perangkat komputer tidak tersedia. Penilaian keberhasilan kegiatan ini didasarkan pada observasi perilaku, partisipasi siswa, dan umpan balik mereka terhadap aktivitas yang diberikan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep algoritma dan penguatan kemampuan mereka dalam menerapkan cara berpikir algoritmik. Selain itu, kegiatan ini juga berhasil meningkatkan minat siswa terhadap ilmu komputer dan menunjukkan pentingnya pembelajaran interaktif dalam pendidikan dasar.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-22

Cara Mengutip

Sondakh, D. E., Pungus, S. R., Maringka, R. C., & Tangka, G. M. W. (2024). Memperkenalkan Algoritma dan Berpikir Algoritmik kepada Siswa Sekolah Dasar Menggunakan CS Unplugged. Servitium Smart Journal, 2(2), 134–140. https://doi.org/10.31154/servitium.v2i2.29