Memperkenalkan Algoritma dan Berpikir Algoritmik kepada Siswa Sekolah Dasar Menggunakan CS Unplugged
DOI:
https://doi.org/10.31154/servitium.v2i2.29Kata Kunci:
Algoritma, Berpikir Algoritmik, UnpluggedAbstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep algoritma dan berpikir algoritmik kepada siswa sekolah dasar, menggunakan pendekatan Computer Science Unplugged. Dua kegiatan utama, "Sorting Network" dan "Move It, Move It," telah diimplementasikan. Sebanyak 35 siswa dari sekolah dasar di wilayah rural di Sulawesi Utara, dimana perangkat komputer tidak tersedia. Penilaian keberhasilan kegiatan ini didasarkan pada observasi perilaku, partisipasi siswa, dan umpan balik mereka terhadap aktivitas yang diberikan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep algoritma dan penguatan kemampuan mereka dalam menerapkan cara berpikir algoritmik. Selain itu, kegiatan ini juga berhasil meningkatkan minat siswa terhadap ilmu komputer dan menunjukkan pentingnya pembelajaran interaktif dalam pendidikan dasar.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Servitium Smart Journal

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.