Menumbuhkan Literasi Teknologi dan Pengembangan Potensi Akademik dan Nonakademik Siswa melalui Pengenalan AI di SMA Negeri 2 Bitung

Penulis

  • Semmy Wellem Taju Universitas Klabat
  • Jimmy Moedjahedy Universitas Klabat
  • Stenly Ibrahim Adam Universitas Klabat
  • Reymon Rotikan Universitas Klabat

DOI:

https://doi.org/10.31154/servitium.v3i2.40

Kata Kunci:

Kecerdasan Buatan , Pembelajaran Inovatif, Teknologi Pendidikan, LLM

Abstrak

Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) telah menjadi sangat popular dan merupakan satu pilar utama dalam transformasi pendidikan di era digital. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memperkenalkan teknologi AI sebagai sarana inovatif dalam pengembangan potensi akademik dan non akademik siswa di SMA Negeri 2 Bitung. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk pengenalan interaktif, demonstrasi aplikasi AI terkini berbasis LLMs (contoh seperti ChatGPT, Copilot dan Gemini), serta pendampingan penggunaan AI dalam pembelajaran bersonalisasi, pengembangan keterampilan berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi dan bahkan adaptabilitas. Metode yang digunakan mencakup pendekatan partisipasi dan berbasis masalah untuk mendorong keterlibatan aktif siswa SMA Negeri 2 Bitung. Diharapkan, kegiatan ini dapat peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep AI dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari, serta tumbuhnya minat untuk mengeksplorasi teknologi digital secara lebih luas, bahkan menuntut siswa dapat terlibat dalam perkembangan AI. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan bisa menjadi titik awal untuk membangun lingkungan pembelajaran berbasis teknologi AI di sekolah, sekaligus menciptakan generasi muda yang lebih adaptif dan siap menghadapi tantangan perubahan teknologi. 

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-30

Cara Mengutip

Taju, S. W., Moedjahedy, J., Adam, S. I., & Rotikan, R. (2025). Menumbuhkan Literasi Teknologi dan Pengembangan Potensi Akademik dan Nonakademik Siswa melalui Pengenalan AI di SMA Negeri 2 Bitung. Servitium Smart Journal, 3(2), 206–214. https://doi.org/10.31154/servitium.v3i2.40