Mengasah Keterampilan Pembelajaran Daring Guru-Guru SD Negeri 1 Airmadidi

Authors

  • Alfrits Roul Sinadia Universitas Klabat
  • Petrus Kondo Universitas Klabat
  • Nofry Frans Universitas Klabat

DOI:

https://doi.org/10.31154/servitium.v1i1.5

Abstract

Latar belakang diadakannya kegiatan PKM ini ialah adanya kesenjangan kemampuan TIK para guru sekolah dasar di salah satu SD yang ada di Kabupaten Minahasa Utara dengan tuntutan pembelajaran daring di masa awal pandemi COVID-19. Tujuan dari kegiatan ini ialah melatih kemampuan para guru di sekolah tersebut menggunakan Google Classroom, Google Forms, dan Google Meet dalam pembelajaran daring mereka. Metode yang digunakan ialah pelaksanaan workshop yang mencakup pengenalan tampilan dan fitur-fitur keseluruhan aplikasi tersebut, yang diikuti dengan latihan/simulasi penggunaan ketiga aplikasi ini. Saat pelaksanaan kegiatan, ditemukan bahwa para peserta pelatihan memiliki kekurangan kemampuan TIK yang cukup serius. Namun, setelah pelatihan diadakan, hasil evaluasi dampak menunjukkan bahwa terdapat perubahan positif pada kemampuan para guru dalam menangani proses pembelajaran daring di kelas mereka masing-masing. Hal ini penting mengingat sekolah dasar tempat workshop ini diadakan merupakan sekolah percontohan yang ada di Kabupaten Minahasa Utara. Dampak positif ini diharapkan dapat juga ditularkan kepada sekolah-sekolah lainnya yang ada di kabupaten ini.  

 

 

Published

2022-11-09

How to Cite

Sinadia, A. R., Kondo, P., & Frans, N. (2022). Mengasah Keterampilan Pembelajaran Daring Guru-Guru SD Negeri 1 Airmadidi. Servitium Smart Journal, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.31154/servitium.v1i1.5