Meningkatkan Literasi AI dan Kesadaran Etika Digital melalui Edukasi Interaktif bagi Pelajar Sekolah Menengah Atas

Penulis

  • Stenly Richard Pungus Universitas Klabat
  • Debby Erce Sondakh Universitas Klabat
  • Andrew Tanny Liem Universitas Klabat
  • Stenly Ibrahim Adam Universitas Klabat
  • Joe Yuan Yulian Mambu Universitas Klabat
  • Marchel Timothy Tombeng Universitas Klabat

DOI:

https://doi.org/10.31154/servitium.v4i1.38

Abstrak

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kota Bitung dengan tujuan untuk meningkatkan literasi siswa terhadap konsep dasar Artificial Intelligence (AI), serta menumbuhkan kesadaran mengenai etika dan privasi dalam penggunaan teknologi berbasis AI di lingkungan pendidikan. Pendekatan yang digunakan berupa workshop interaktif yang mencakup pengenalan AI, diskusi isu etika dan privasi digital, serta pelatihan pembuatan prompt yang efektif dan bertanggung jawab. Sebanyak 27 siswa kelas XI dari berbagai jurusan terlibat aktif dalam kegiatan ini. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa terkait prinsip kerja AI dan implikasi etisnya. Selain itu, siswa menunjukkan antusiasme tinggi dalam menyusun prompt yang relevan untuk konteks pembelajaran. Kegiatan ini membuktikan bahwa integrasi edukasi AI dengan pendekatan kontekstual dan reflektif dapat menjadi strategi efektif untuk membangun generasi pelajar yang tidak hanya melek teknologi, tetapi juga memiliki kesadaran etis dalam penggunaannya. Kegiatan ini direkomendasikan untuk direplikasi di sekolah lain sebagai bagian dari penguatan literasi digital nasional.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-30

Cara Mengutip

Pungus, S. R., Sondakh, D. E., Liem, A. T., Adam, S. I., Mambu, J. Y. Y., & Tombeng, M. T. (2025). Meningkatkan Literasi AI dan Kesadaran Etika Digital melalui Edukasi Interaktif bagi Pelajar Sekolah Menengah Atas. Servitium Smart Journal, 4(1), 190–196. https://doi.org/10.31154/servitium.v4i1.38