Pengenalan Computational Thinking Bagi Siswa Vokasi SMKN 1 Sorong

Penulis

  • Debby Erce Sondakh Universitas Klabat
  • Stenly Richard Pungus Universitas Klabat
  • Marchel Thimoty Tombeng Universitas Klabat

DOI:

https://doi.org/10.31154/servitium.v2i2.9

Abstrak

 Tuntutan terhadap kemahiran dalam teknologi informasi dan pemecahan masalah yang kompleks di tempat kerja digital membuat computational thinking menjadi suatu keharusan bagi siswa saat ini. Artikel ini menjabarkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di SMKN 1 Sorong, untuk mensosialikasikan computational thinking. Menggunakan metode unplugged konsep abstraksi, algoritma, dekomposisi, dan pengenalan pola diperkenalkan kepada siswa. Sebanyak 31 siswa yang mengikuti pemberian materi pendahuluan, aktivitas unplugged dan mengerjakan sampel soal Bebras Challenge secara berkelompok. Antusiasme para siswa selama mengikuti kegiatan ini menunjukkan efektifitas metode ini untuk memperkenalkan computational thinking.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-18

Cara Mengutip

Sondakh, D. E., Pungus, S. R., & Tombeng, M. T. (2023). Pengenalan Computational Thinking Bagi Siswa Vokasi SMKN 1 Sorong. Servitium Smart Journal, 2(1), 90–98. https://doi.org/10.31154/servitium.v2i2.9